Translate

Mau Penelitian ke Unggas Tapi Bingung? Kamu Harus Tau Ini!

PENGEN PENELITIAN NUTRISI UNGGAS TAPI BINGUNG MULAI DARI MANA?
Kalian Wajib Baca ini!!!

sumber gambar : www.umy.ac.id

Salam,
yAhooooo,,, aku tebak kalian adalah para mahasiswa peternakan yang sekarang ada di smester 3-5 yang udah diburu dengan pertanyaan: 

- udah nemu judul penelitian belom? 
- eh udah sinopsis belom?

atau jangan-jangan kalian adalah salah satu mahasiswa/i peternakan yang pengen penelitian ke unggas tapi bingung mulai dari apa untuk menuliskan keinginan kalian. well, kita sama kok. aku juga dulu gitu hehehe. 

Pada tulisan ini aku bakalan menjelaskan gambaran kasar tentang berbagai hal yang kalian harus disiapin untuk dapetin ide untuk buat satu penelitian dan untuk bener-bener sanggup melakukan penelitian di bidang Nutrisi Unggas "Sejauh yang aku udah alamin" 

KONSEP
konsep penelitian nutrisi unggas ini biasanya akan terorientasi dalam hal:

1. Pemanfaatan limbah perkebunan, pertanian atau limbah produksi lainnya yang masih memiliki kandungan nutrisi, dan apabila hanya dibuang dan tidak diolah hanya akan menambah jumlah sampah dan dapat menyebabkan pencemaran lingkungan (ex: ampas tahu: dibuang ke alam akan menyebabkan bau busuk dll). 

2. bahan yang memiliki kandungan spesifik yang berfungsi atau diduga mampu memicu sesuatu yang baik dan diharapkan pada unggas.

dua hal di atas merupakan landasan utama yang biasa disisipkan di latar belakang dan pendukung penelitian itu dilakukan.


PENGOLAHAN
gw udah punya bahan terus gw apain ni? langsung kasih gitu aja? oops sorry bro and sis santai.... jangan ngegas dulu! Perjalananmu masih panjang untuk jumpa dengan si ayam!

setelah dapat bahan yg mau kamu ujikan ke si ayam kamu harus tau dulu kandungan apa yang terdapat pada bahan itu, kandungan anti nutrisi apa yang gak boleh ada dan diolah untuk mengurangi/menghilangkannya. PENTING! untuk pengolahannya sebisa mungkin berbeda dari penelitian-penelitian sebelumnya atau mengadopsi lalu dimodifikasi dengan pengolahan yang dirasa lebih tepat dari referensi lain. yang seperti itu sah-sah aja lo dalam penelitian. 

Contoh : dari satu jurnal yang kamu baca, ampas tahu diolah dengan cara fermentasi menggunakan ragi tempe (Rhizopus oligosporus) dengan kadar 2% dari berat ampas tahunya. pada bagian saran di jurnal tersebut penulis menyarankan agar dosis ragi tempe ditingkatkan. pada penelitianmu kamu boleh lakukan apa yang disarankan si peneliti, atau juga boleh mencari metode lain yang bisa digunakan dari referensi lain yang mengolah ampas tahu dengan cara direbus, dikukus, difermentasi dengan EM4 dll. 

Setelah bahan kamu dapatkan kamu harus banyak baca jurnal dan mulai menuangkan pikiran yang disertai dengan referensi pendukung dalam bentuk SINOPSIS PENELITIAN dan mengajukan nya ke dosen.ada sebagian dosen yang hanya perlu Bab pendahuluan dan ada juga yang harus menyertakan BAB I dan BAB II Bbagai bahan mempertimbangkan penelitian yang akan kita lakukan.

Jika SINOPSIS kamu di ACC alias disetujui dan tidak perlu mengganti perlakuan dan lain sebagainya kamu bisa lanjut ke tahap menulis PROPOSAL PENELITIAN yang terdiri dari:
BAB I : Pendahuluan 
BAB II: Tinjauan Pustaka 
BAB III: Materi dan Metode
Daftar Pustaka

untuk tahap selanjutnya silahkan baca postingan berikutnya:
Penentuan Parameter


0 Response to "Mau Penelitian ke Unggas Tapi Bingung? Kamu Harus Tau Ini!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel